Friday 3 January 2014

Penyadapan Internasional oleh NSA


Kali ini Der Spiegel membeberkan informasi yang mengatakan bahwa NSA melakukan penyadapan secara global dengan berbagai cara.
Yang menarik bagi saya adalah tadinya saya berpikiran bahwa penyadapan dilakukan terhadap orang-orang tertentu (target) yang memang memiliki nilai untuk disadap.
Orang-orang yang “tidak penting” – misal ABG yang sedang ngobrol – bukanlah obyek yang akan disadap. Ternyata salah. Penyadapan ternyata dilakukan terhadap *semua orang*.
Mana yang penting nanti dilihat ketika dibutuhkan. Wedaaasss.
Apalagi kalau Anda seorang Muslim yang pernah browsing ke situs-situs yang dianggap berbahaya, sudah pasti Anda termonitor. Dalam berita yang disampaikan, dan juga dalam video yang ada pada bagian akhir dari berita ini, semua software dan hardware ternyata ditargetkan.
Apapun perangkat Anda dan softwarenya, semua dapat dimonitor dan bahkan dikendalikan dari jarak jauh. Ngeri sekali.
Banyak perusahaan yang kaget karena ternyata produk-produk mereka memiliki kelemahan (security hole) yang kemudian dieksploitasi tanpa pemberitahuan. Mampuslah perusahaan-perusahaan Amerika. Mereka merasa dikadali di negara mereka sendiri.
Pusing tujuh keliling.
Pelanggan dunia mana mau beli produk mereka lagi.
(Apple baru-baru ini membuat press rilis dan mengatakan NSA adalah “malicious hackers”. he he he.) Keren..
Oh ya, apakah kita memiliki kemampuan untuk menangkalnya? Dalam skala yang besar seperti ini? Bahkan perusahaan besar sekalipun kebingungan.
Apalagi kita ya? Kita santai saja? Toh tidak ada yang penting dalam kehidupan kita.
hi hi hi. (Apa iya?)
Ah, tentu saja halaman blog ini juga mestinya sudah di-archive di sana ya? saya di sini om NSA Liat Saya Saja trus..ok..he gak penting kok

0 comments:

Post a Comment